Kegunaan Dan Dampak Penggunaan Polimer

Kegunaan

Dalam kehidupan sehari-hari banyak digunakan barang-barang yang berasal dari polimer sintensis antara lain sebagai kantong plastik pembungkus makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, alat-alat listrik, alat elektronik dan lain-lain. Polimer sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, permadani, dan lainnya. Cat lateks digunakan untuk mengecat dinding. Melamin merupkan bahan pembuat piring.

Beberapa contoh polimer yang penting yaitu :
  1. Polietilena (PE)
  2. Polipropilena (PP)
  3. Polivinilklorida (PVC)
  4. Politetrafluoroetena (Teflon)
  5. Poliamida (Nilon).
Dampak Penggunaan Polimer
  1. Polimer sistensi bersifat tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme sehingga dapat menyebabkan barang-barang tersebut tidak dapat membusuk.
  2. Pembakaran polimer sistensis akan menghasilkan senyawa dioksin, yaitu senyawa gas yang beracun dan bersifat karsinogenik, yang akan mneyebabkan kanker.
  3. Monomer vinil klorida bersifat racun, karsinogenik dan dapat menyebabkan cacat lahir meskipun plastik polivinilklorida tidak berbahaya.
  4. Apabila tetrkena panas plastik pembungkus makanan kemungkinan akan menyebabkan monomernya terurai dan mencemari atau mengkontaminasi makanan.
Cara pencegahan plastik dapat dilakukan dengan cara :
  1. Mengurangi pemakaian plastik.
  2. Tidak membuang plastik secara sembarangan.
  3. Jangan membakar sampah plastik.
  4. Sampah plastik didaur ulang.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon