Klasifikasi Materi

Materi berada dalam banyak bentuk yang berbeda-beda, sehingga perlu untuk mengkategorikannya. Di bawah ini adalah skema gambar klasifikasi materi :
Pengertian Klasifikasi Materi

Zat Murni
Zat-zat murni digolongkan sebagai unsur atau senyawa. Unsur dapat digambarkan sebagai zat-zat yang tidak dapat diuraikan oleh perubahan kimia sederhana menjadi dua zat berlainan atau lebih. Unsur-unsur yang telah ditemukan saat ini sebanyak 106 buah unsur, kira-kira 90 berasal dari alam, sisanya didapat dari proses reaksi inti. Contoh unsur-unsur yang banyak digunakan pada bidang elektronika yaitu silikon, tembaga, germmanium, nitrogen, dan lainya.

Senyawa Kimia
Senyawa kimia terbentuk oleh kombinasi kimia dari dua atau lebih unsur. Senyawa kimia yang telah diketahui sekarang jumlahnya jutaan, contohnya dari air yang sangat sederhana sampai protein hemoglobin.

Sifat-sifat zat yang didapat dengan menguraikan suatu senyawa, sama sekali tidak berhubungan dengan sifat senyawa itu. Komposisi dan sifat suatu unsur atau senyawa, selalu sama dalam kseluruhan contoh, dan dari contoh yang satu dengan yang lainnya.

Campuran
Campuran adalah bahan yang mengandung dua zat berlainan atau lebih. Suatu campuran tidak mempunyai sifat yang unik. Sifat suatu campuran merupakan sifat dari unsur-unsur penyusunannya.

Campuran disebut homogen bila tidak ada bagian-bagian yang dapat dibedakan satu dan yang lain, bahkan dengan mikroskop sekalipun, misalnya larutan gula dalam air, air laut, udara dan sebagainya.

Disebut campuran heterogen bila terjadi bila terdapat bagian-bagian yang tampak berlainan, misalnya campuran bubuk kopi, dan gula.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon