Pengertian Entalpi dan Perubahannya


Sistem dan Lingkungan

Thermokimia merupakan bagian dan ilmu kimia yang mempelajari perubahan energi dari suatu zat atau materi dalam reaksi-reaksi kimia. Reaksi kimia banyak terjadi di alam, maka untuk lebih mudah dipelajari alam dibagi dua, yaitu sistem dan lingkungan.  Sistem adalah bagian dari alam yang dipilih untuk dipelajari atau bagian dari alam yang menjadi pusat perhatian kita. Lingkungan adalah segala suatu yang beberapa diluar sistem yang mengadakan interaksi dengan sistem.

Contoh :
Pengertian Entalpi dan Perubahannya

Gambar diatas menunjukan reaksi HCI dengan batu kapur (CaCO3) dalam sebuah tabung reaksi. Pada gambar ini yang dimaksud system adalah campuran reaksinya, yaitu HCI dan CaCO3. Bagian-bagian lain (selain kedua zat yang bereaksi ) disebut lingkungan.

Antara sistem dan lingkungan selalu terjadi pertukaran energi. Pada suatu saat energi dilepas oleh sistem, dan pada sat yang bersamaan lingkungan menyerap energi yang dilepas sistem tadi. Adanya proses pelepasan da penyerapan energi antara sistem dan lingkungan ini menyebabkan jumlah total energi sistem dan lingkungan selalu tetap (konstan).

Entalpi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Setiap materi  atau zat akan mengalami perubahan baik fisik maupun kimia. Perubahan ini disebabkan karena energi yang dikandungnya. Energi yang dimiliki oleh setiap zat padat adalah energi kinetik dan energi potensial. Energi Kinetik adalah yang timbul karena gerak dari suatu zat, sedangkan Energi Potensial adalah yang timbul karena kemampuan zat tadi menahan gaya gravitasi.


Jumlah Energi Kinetik dan Energi Potensial yang dimiliki oleh atom atau molekul dinamakan energi dalam. Energi dalam suatu zat padat berubah apabila zat tadi melepaskan atau menyerap energi. Jumlah total kerja yang dilakukan sistem dengan energ dalamnya dinamakan entalpi (dari bahasa jerman, Entalpi diartikan Isi Kalor) dan diberi simbol H dari kata Heat Content.

Perubahannya

Entalpi zat atau sistem tidak dapat diukur, tetapi karena sistem berubah maka entalpinya berubah, sehingga perubahan entalpi dapat diukur dengan membandingkan perbedaannya pada keadaan awal dan keadaan akhir dari sistem yang berubah tadi. Perubahan entalpi diberi lambang lambang AH . Perubahan entalpi dapat dilihat dari adanya perbedaan suhu sistem awal dan suhu sistem akhir, sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan entalpi sistem adalah selisih dari entalpi awal dengan entalpi sistem akhir. (AHSistem = Hsistem Akhir – Hsistem Akhir).
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon