Pengertian Idiologi

Nama Ideologi berasal dari kata ideas dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, sedangkan logos berarti ilmu. Pengertian Ideologi secara umu adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keagamaan.

Citi-ciri Ideologi adalah sebagai berikut :
  1. Mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidp kebangsaan dan kenegaraan.
  2. Oleh karena itu, mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara di amalkan dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesedian berkorban.
Fungsi Ideologi :
  1. Sebagai sarana untuk memformulasikan dan mengisi kehidupan manusia secara individual.
  2. Sebagai jembata pergeseran kendali kekuasaan dari generasi tua (founding fathers) dengan generasi muda.
  3. Sebagai kekuasaan yang mampu memberi semangat dan motivasi individu, masyarakat, dan bangsa untuk menjalani kehidupan dalam mencapai tujuan.
Pancasila sebagai Ideologi Bangsa
Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah Pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa indonesia, serta menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. Berdasarkan Tap. MPR No. XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR tentang P4, ditegaskakn bahwa Pancasila adalah dasar NKRI yang harus dilaksanakan secara kensisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Catatan : "Pancasila merupakan sebagai Ideologi terbuka dan makna dari Ideologi terbuka ialah sebagai suatu sistem pemikiran terbuka".
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon