Sistem Pemerintahan di Berbagai Negara

Sistem pemerintahan berasal dari kata sistem dan pemerintah. Jadi sistem adalah sekelompok bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan sesuatu maksud, sedangkan pemerintah merupakan perbuatan, cara atau hal urusan memerintah yang dilakukan oleh pemerintah.

Istilah pemerintah yaitu sebagai berikut :
  1. Pemerintah disebut sebagai dari semua badan kenegaraan atau alat perlengkapan Negara yang berkuasa atau memerintah dalam arti luas yang meliputi badan yang membuat peraturan “legislative”, badan yang menjalankan peraturan “eksekutif”, dan badan yang mengadili pelanggaran peraturan “yudikatif”.
  2. Pemerintah sebagai badan kenegaraan tertinggi yang berkuasa memerintah di wilayah suatu Negara (kepala Negara). Contohnya adalah presiden di Indonesia dan di Amerika Serikat, serta Raja di Arab Saudi.
  3. Pemerintah sebagai badan eksekutif, yang berarti bahwa kepada pemerintah bersama mentri-mentrinya. Sebagai contoh presiden di Indonesia yang di bantu oleh para mentri.
Pemerintah dapat diartikan secara luas dan dapat pula di artikan secara sempit. Dalam arti luas merupakan segala urusan yang dilakukan oleh Negara dalam menyelenggarakan kesejahteraan rakyat dan kepentingan Negaranya. Sedangkan dalam arti sempit adalah suatu pemerintah yang hanya melaksanakan tugas eksekutif saja.

Jadi, sistem pemerintahan merupakan sistem hubungan fungsional antara lembaga Negara dalam menjalankan kekuasaan didalam suatu Negara untuk mencapai tujuan.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon