Tips Merawat Komputer

Tips Merawat Komputer dengan baik dan benar
Berikut Tips cara merawat komputer dengan baik dan benar :
  1. Bersihkkan motherbeard dan periferal lain (hadware) dari debu secara berkala.
  2. Untuk membersihkaknnya dapat kita gunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang. Setidaknya dua bulan sekali perbersihan dilakukan.
  3. Uninstall atau buang program yang tidak berguna. Karena harddisk yang terlalu banyak terpakai akan memperlambat proses read atau write harddisk sehingga akan lebih berat kinerjanya (lambar) dan akan semakin cepat rusak. Biasanya akan muncul warning bila space harddisk kita penuh.
  4. Bersihkan Reccycle Bin secara teratur dan bersihkan juga file-file sampah registry menggunakan aplikasi pembersih registry.
  5. Install program antivirus yang terbaru dan update seara berkala.
  6. Tutup program yang tidak digunakan (tidak berguna). Karena setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memory RAM sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memory yang terpakai, akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.
  7. Pakai UPS atau Stavoit. Hal ini dikarenakan UPS berguna untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddsik. Kalau tidak ada UPS, pakai saja stavoit yang berguna untuk mengoptimalkan tegangan listrik.
  8. Aktifkan screensever. Selain bersifat estensis, screensever juga berfungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mmengakibatkan monitor anda bermasalah, yaitu menjadi redup atau kurang jelas. Lain halnya jika monitor anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energi saving, maka screensever tidak terlalu diperlukan lagi.
  9. Defrag harddisk secara bekala. Defrag berfungsi untuk menat adan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file atau data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write serta beban kinerjanya akan lancar.
  10. Tempatkan komputer (monitor/CPU) didekat pentilasi udara yang cukup. Hal ini untuk memperlancar keluar masuknya udara ke monitor dan CPU. Ventilasi yang kurang baik akan mengakibatkan panas berlebihan dan akan mengurangi umur komponen komputer tersebut.
  11. Jangan meletakan speaker terlali dekat dengan monitor. Hal ini dikarenakan medan magnet yang ada pada speaker akan mempengaruhi monitor dan monitor akan bergaris atau tidak rata.
  12. Pasang kabel ground. Apa bila kasing menyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casingnya) dan ujung kabel  satunya lagi  ditanamakan dalam tanah, atau ambil tanah diluar dan memasukannya ke dalam plastik dan tanamkan kebel tersebut. Hal ini dikarenakan depata mengoptimalkan arus listrik yang “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.
Selesai...
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon