Pengertian Present Continuous Tense

Pengertian Present Continuous Tense

Present Contiuous Tense adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang sedang berlangsung dan belum selesai diwaktu sekarang.

Rumus : 
S + to be (am, are, is) V1 (ing) + ....

Contoh : 
+) I am listening to the radio (Saya sedang mendengarkan radio)
-) They are not talking about you (Mereka tidak membicarakan tentang anda)
?) Is he watching TV ? (Apakah dia sedang nonton TV)

Penggunaan Present Continuous Tense
  1. Untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang sedang berlangsung. Contohnya : "She is sleeping (dia sedang tidur)"
  2. Untuk mneyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang bersifat sementara. Contohnya : "Iam studying now, but I will go out soon (saya sedang belajar sekarang, tetapi saya akan segera keluar)"
  3. Untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang berlangsung pada waktu akan datang. Contohnya : "We are playing again a few days (kita akan bermain lagi tetapi pada beberapa hari)"

Catatan :
  • Jika kita hendak membuat kalimat tanya (introgative) maka to be (am, are, is) kita letakan dimuka subject. Seperti contoh : " Are tou studying English ? (apakah anda sedang belajar bahasa inggris ?)"
  • Jika kita ingin merubahnya kedalam kalimat menyangkal (Negative) maka kita tambahkan not dibelakang to be (am, are, is). Seperti contoh : "Iam not studying English (Saya tidak sedang belajar bahasa inggris)"
  • Kata kerja yang melukiskan perasaan (verb of emotions) seperti like, dislike, want, dan lain sebagainya tidak boleh ditambahkan -Ing walaupun kalimatnya diucapkan ketika peristiwanya sedang berlangsung. Contohnya : "I like Miss Yuli (saya senang pada Nn. Yuli)"
  • Kata kerja yang ada hubungannya dengan panca indera (verb of sense) seperti hear, see, smell, notice, taste, dan lain sebagainya juga boleh ditambahkan -ing. Contohnya : "This foof taste really good (makanan ini sungguh enak rasanya)" jadi bukan menulis dengan "This foof is tasting really good"
  • Kata kerja yang menyatakan pikiran atau pencapaian (verb of thought or opinion) seperti belive, expect, forget, know, prefer, realize, remember, dan lain sebagainya juga tidak boleh ditambahkan - ing. contoh : "Father believes she would come with Risak (Ayah yakin dia pasti datang bersama Rizak) jadi bukan menulis believes dengan believing.
  • Kata kerja yang menunjukan kepunyaan (verb of prossession) seperti owe, own, belong, to, dan lain sebagainya tidak juga boleh ditambahkan -ing. contohnya : " Mr. Fatkur owns two houses (Tn. Fatkur memiliki dua rumah)" jadi bukan menulis owns dengan owning.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon