Hukum Newton

Hukum Newton I

Sebuah benda dalam keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan konstan akan tetap diam atau akan terus bergerak dengan kecepatan konstan kecuali ada gaya eksternal yang bekerja pada benda itu (Hukum Kelembaman).

Hukum Newton II

Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan searah dengan gaya total yang diberikan.

Rumus Hukum Newton II

Hukum Newton III

Kapanpun sebuah benda melakukan gaya pada benda kedua, benda yang kedua melakukan sebuah gaya yang sama dan berlawanan pada yang pertama.

Rumus Hukum Newton III

Berat w sebuah benda adalah gaya tarikan gravitasi antara benda dan bumi. Gaya ini sebanding dengan massa m benda itu dan medan gravitasi g, juga sama dengan percepatan gravitasinya jauh bebas.


Berat bergantung pada lokasi benda, karena g bergantung pada lokasi.

Gesekan Kinetik

Bila sebuah benda bergerak sepanjang permukaan kasar, gaya gesek kinetik bekerja berlawanan arah dengan gerak benda tersebut. Besarnya bergantung pada setiap 2 permukaan yang bergesekan. Gaya gesek tidak bergantung pada luas total permukaan kontak, misalnya gaya gesek pada batu secara esensial sama, apakah ia muncul dengan sisinya yang lebar atau dengan pinggirnya, sepanjang permukaan tetap sama.

Rumus Gaya Kinetik

Ket :
       Ffr  : Gaya Gesek
       FN : Gaya Normal
       Mk : Koefisien Gesek Kinetik
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon