KONSEP MVC

Pengertian Contoh KONSEP MVC
MVC merupakan konsep yang membagi aplikasi menjadi tiga bagian utama yaitu MODEL, VIEW, dan Controller.
  1. Model, yang berisi fungsi-fungsi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database, seperti mengambil data produk, menyimpan komentar buku tamu, edit data, menghapus data dan sebagainya.
  2. View, yang berisi kode-kode HTML yang akan ditampilkan ke layar monitor pengunjung.
  3. Controller, yaitu berisi yang memeriksa input dari pengunjung dan memilih apa yang akan dilakukan atau melakukan respon terhadap aksi pengunjung tersebut.
  4. Dengan konsep MVC ini, akan memisah logika aplikasinya di bagian Model dan Controller. Sedangkan bagian yang menampilkan akan berada pada bagian View.
Ilustrasi cara kerja dari MVC ini, contohnya adalah seperti berikut :
  • Seorang pengguna mengklik sebuah link untuk membuka daftar katalog pada sebuah toko online. Misalnya alamatnya http://tokoonline.com/index.php/shoppingcart/view.
  • HTTP Request ini akan dikirim ke server dan diperiksa oleh file index.php serta dipilah-pilah.
  • Dengan memodifikasi URL tersebut, misalnya diketahui bahwa Shoppingcart adalah objek Controller dan View adalah berfungsi yang digunakan dalam menampilkan objek tersebut.
  • Kemudian dipanggilah file Controller shoppingcart tersebut dengan fungsi view.
  • Pada Controller tersebut terdapat model yang akan memanggil query dari file lainnya. Query tersebut akan menampilkan daftar barang yang akan ditampilkan ke palanggan.
  • Data hasil query oleh kode di Controller tersebut akan diperiksa dan dikirimkan ke file PHP yang akan menampilkakn data hasil query tersebut. File PHP tersebut disebut dengan View.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon