Apa sih Fungsi Agama?

Fungsi Agama

Agama merupakan suatu tuntunan hidup kita. Agama dijadikan sebagai "ruh" yang menjiwai seluruh tingkah laku kita di dunia. Apapun yang kita lakukan harus didasari dengan ajaran-ajaran Agama sesuai agama yang kita anut, baik dalam segi kebaikan maupun segi keburukan. Agama bukanlah hanya sebagai setatus, dan hanya sebagai pelengkap hidup, seperti contoh kita beribadah shallat jum'at, ya kita hanya ikut-ikutan, orang mau naik haji, ya kita hanya ikut-ikutan, dan sebagainya. Ada juga orang yang mempunyai agama, dan agama yang dia anut, tidak pernah dia pelajari sedikitpun atau dia tidak mengenai ajaran agam yang dia anut tersebut, ya kurang lebih orang itu dinamakan orang beragama hanya sebatas KTP saja.

Dibawah ini adalah fungsi agama,  yaitu :
  1. Agama sebagai Cara Hidup yang akan membimbing kita menjadi lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan didunia dan untuk kepentingan di akhirat kelak nanti.
  2. Agama dapat menjadikan diri kita lebih memilih orientasi masa depan yang sangat jauh, bukan hanya untuk kepentingan yang berisifat sesaat. Bila sukses, seseorang tidak akan menganggap bahwa itu adalah hanyalah hasil dari jeripayah atau usahanya sendiri, melainkan kesuksesannya ialah sesuatu yang tercapai karena adanya Allah SWT. Karena-Nya ia bisa sukses, dengan usaha, doa, dan tiangnya ialah ibadah.
  3. Agama juga bisa dijadikan seseorang semakin optimis dalam setiap pilihannya. Kalau ada orang yang sedang putus asa dan akhirnya ia bunih diri seperti halnya dalam masalah cinta, bisnis, dan lain-lain. Bukankah agama itu melarang kita untuk putus asa, dan tentunnya dalam ajaran Islam juga, Tuhan kita, Allah sangat membenci orang yang putus asa dan bunuh diri. Setelah mengetahui posisi dan peran agama secara benar, maka yang harus anda perhatikan adalah jika anda jauh dari agama, atau lebih parahnya anda alergi dengan agama. Bahwa agama merupakan pegangan hidup kita secara pasti, agar kita tidak terombang-ambing oleh situasi lingkungan anda. Ada teman punya pacara, anda ikut-ikutan mencari pacar, ada teman sedang merokok, anda ikut-ikutan juga, dan lain-lain. Intinya ia hidup hanya bisa diisi dengan kepentingan dunia, tetapi bukan maksud kita melakukan keduanya(maksiat jalan ibadah jalan).
  4. Ada orang yang putus asa, kerena keterbatasan yang dimiliki. Biasanya, orang yang menjauhi agama lebih banyak mengandakan kemampuan dirinya dengan melupakan peren Tuhan. Kalau dia gagal merancanakan yang dia inginkan, dia cendrung lari kepada hal-hal yang negatif dan ia akan terjerumus oleh bisikan setan, seperti halnya kita meminum narkoba atau mabuk-mabukan, pelacur, atau bisa juga melakukan bunuh diri.
  5. Orang yang jauh dari agama cendrung dengan kesombongan dan suka meremehkan orang lain. Jika mendapatkan kesuksesan dikemudian harinya ia akan sangat berbangga diri kerena kemampuannya sendiri itu dan peran Tuhan tidak terpengaruh dalam kehidupannya. Biasanya orang tersebut mempunyai kecil rasa bersyukurnya dan bahkan tidak sama sekali.
Sekarang anda sudah tahukan, untuk apa fungsi Agama itu, dan peran agama untuk kita untuk apa?, menurut saya anda belajarlah agama dan itu tidak akan rugi ini bila kalian pelajari, malah akan lebih menguntungkan bagi anda.

Jadi anda muilah belajar agama sejak saat dini, dan bila untuk orang tua, disarankan untuk anda memupuk anak-anak kita dalam belajar agama, agar anak-anak kita terbiasa dengan agama. Karena agama memang begitu penting perannya untuk kita, berguna untuk menyelamatkan kehidupan kita didunia yang hanya sebatas jembatan menuju surga atau neraka. Saran saya, anda renugkan bila malam, dan tanya pada diri kita, "Untuk apa kita sebagai manusia didunia, siapakan Tuhan kita, macam agama dan ajarannya, manakah yang benar", bila sudah begitu, pelajarilah setiap ajaran agama semua dan simpulkan kebenarannya oleh anda menurut logika.

So, mulailah mulailah merenungkan sebagaimana yang telah saya paparkan diatas sobat, dan semoga bermanfaat.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon