Apa sih Tawakal Itu?

Pengertian Tawakal Islam

Apa sih Tawakal itu ? dan apa sih ciri-cirinya ?.

Ok deh, saya akan jelaskan apa itu tawakal. Pengertian Tawakal adalah secara bahasa tawakal berarti pasrah. Sedangkan menurut istilah termologi, tawakal adalah suatu sikap pasrah yang didasarkan pada aspek ketidak berdayaan seorang hamba Allah setelah melakukan usaha atau ikhtiar secara sungguh-sungguh. Pada konsep Islam, ajaran tawakal merupakan cermin sikap seorang hamba yang mengakui akan kelemahan atau keterbatasan yang dimilikinya. Secara sadar meminta petunjuk dan bimbingan kepada Allah SWT agar mendapatkan petunjung atau mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Pada dasarnya tawakal itu adalah agar manusia tidak menyombongkan akan kemampuannya sendiri. Mampu atau Sukses apapun yang dia raih, ia merasa tidak sebanding dengan ke Mahakuasaan yang dimiliki Allah SWT. Namun dengan ia sadar atas batas kemampuan dan kelemahan yang dia miliki yang tidak sebanding dengan ke Mahakuasaan Allah sang Maha Tinggi, ia bukan berarti hanya bisa meminta dan tidak melakukan atau bertindak apa-apa. Melainkan ia berusaha semampunya dan berdoa kepada-Nya. Tapi setelah ia mendapatkan apa yang ia harapkan dengan usahanya, ia tidak pernah menyombongkan diri dan seolah-olah ia merasa bahwa keberhasilan yang ia peroleh itu merupakan berkat sang Holiq. Karna apapun yang ia lakukan tanpa seijin Allah, maka ia akan mustahil melakukannya.

Sekarang kita sudah tau kan, apa yang dimaksud dengan Tawakal itu apa. Dan sekarang saya akan memberi tahu anda tentang ciri-ciri tawakal nya, yaitu sebagai berikut :
  1. Mau bekerja keras dan disiplin tinggi, yaitu bahwa kita berserah diri itu bukan maksudnya hanya berpangku dan pasrah tanpa melakukan apa-apa dalam suatu pekerjaan. Jadi seseorang, bila sudah melakukan semaksimal mungkin atau sudah bekerja sungguh-sungguh dan disiplin, barulah kita pasrah apa yang sudah kita kerjakan dan pasrah untuk melihat hasinya.
  2. Percaya Diri yang Tinggi, yaitu seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi  itu ia tidak akan mengeluh dan tidak melihat keterbatasan kemampuannya ia malah diam atau merasa tidak bisa apa-apa. Jadi orang yang tawakal itu, akan memiliki integritas antara keyakinan diri dengan keyakinan terhadap Tuhannya yaitiu Allah SWT.
  3. Selalu merencenakan segala sesuatunya dengan baik, yaitu bila ia bisa melihat atau mengukur segala sesuatunya kemampuan dalam diri kita serta semua kelemahan-kelemahan yang ia punya, ia selalu akan mengevaluasi dirinya dengan cara terukur dan selalu bersemangat dalam melakukan sesuatu pekerjaan tersebut.
Jadi sekarangkan anda tahu mengenai tawakal. Jadi jangan kamu salam tempatkan bahwa tawakal itu hanya berserah diri saja. Dan perlu anda ketahui, orang-orang islam yang sukses itu dia mempunyai sikap tawakal dan mengerti apa yang harus dia lakukan dengan bersungguh-sungguh (bersemangat). Dan bila kita sudah melakukan apa yang sudah kita lakukan dengan sungguh-sungguh atau seoptimal mungkin, barulah kita tawakal apa yang akan ia dapatkan menurut kemampuannya.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon