Apa sih Pemurah Itu??

Pengertian Pemurah

Dalam hal ini saya akan membahas masalah Pemurah, mungkin sebagian besar anda tau apa itu pemurah, iya kan?. Sering kali kita atau beberapa sifat orang jauh dari rasa pemurah, hal ini memang manusia itu begitu banyak keinginan. Mau ini lah, mau itu lah, wah enggak keitung deh. Tetapi ada juga orang yang selalu bersyukur didalam kehidupanya. Seperti contoh cerita singkat dibawah ini, saya akan ceritakan sedikit dari orang yang jauh dari rasa pemurah.
Pada waktu itu, si Aldi bersama temannya berkunjung ke rumah si Andi. Sesampai dirumah dan sesudah hampir dari 1 jam lamanya, sungguh aneh yang diberikan hanya segelas air putuh saja kepada tamu temanya tersebut tanpa ada hidangan atau suguhan pendamping. Pada saat si temanya Aldi mau ketoilet, si Andi menyuruh istrinya untuk membawakan makanan kecil untuk si tamu tersebut. Kebetulan toilet itu berdekatan dengan dapur, si teman Aldi tidak sengaja menguping pembicaraan istri Andi dengan jawaban kepada Andi sewaktu Andi nyuruh untuk membawa makanan, "Nggak usah lah Mas, buat apaan, memang mereka siapa sih?, uda cukup air putih buat mereka. Kalau harus menyuruh untuk membawakan makanan kecil apa lagi bila Mas menyuruh untuk makan siang segala, itu akan mengurangi anggaran kita."
Nah dari gambaran kecil dari cerita saya tadi, sekian banyak orang tentunya mempunyai perasaan pelit. Kalau keadaan si Andi adalah keluarga biasa saja atau begitu banyak kekurangan dalam ekonominya sih tidak apa-apa, tapi itu orang mampu dan hanya menyuguhi makan kecil saja tidak bakalan menjadi beban atau menjadi miskin, "dasar memang orang pelitttt" wkwkwkwk... tentunya anda juga tidak enak kan, berkunjung kerumah yang isinya orang-orang mempunyai rasa begitu ?.

Pelit memang sesuatu yang buruk, sama dengan halnya bakhil (irit dalam berbuat baik). Di dunia ini memang terkadang banyak orang begitu, ada orang super pelit, agak pelit, kadang pelit, ada yang biasa saja dan juga PEMURAH.

Mungkin anda bisa mengerti dari ciri-ciri orang yang saya ceritakan tadi. Sipat seperti itu mungkin begitu sangat tidak bekenan dari orang-orang terdekat kita, mungkin juga kita uda biasa karna temen kita begitu, atau mungkin juga kita begitu tidak suka atau nggak bekenan. Tetapi, agar kamu terhindar dari sifat begitu, coba kamu simak dan baca dibawah ini !.

  1. Itung-itungan : Sesuatu dan segalanya yang dia lakukan selalu saja dihitung dalam untung atau ruginya. Tidak berpikir peduli ia tekait dengan masalah non-fisik atau fisik. Seperti halnya cerita tadi istri si Andi, dalam pikriannya apa untungnya dia menyuguhi dan berbuat baik buat tamunya tersebut. Pada intinya, ia begitu berharap apa-apa yang ia berikan kepada orang lain, orang lain tersebut bisa mengembalikan apa yang telah diberikan, atau seperti halnya "Timbal Balik". Ada juga orang yang diminta untuk sumbangan masjid, ia hanya menajwab : "akh, kamu hanya bisa minta sumbangan". Wowwww Ya Allah,,,,, dia gak memberi, malah marah-marah. Dan yang termasuk non-fisik juga ada juga yang seperti itu, ada juga yang malah mencela  si peminta sumbangan tersebut. Dan ada juga orang yang uda membantu teman, misalnya si A, dan temen tersebut bertemu dengan temannya bernama si B, lalu ia akan selalu mengungkit-ngungkit apa yang ia berikan kepada yang namanya si A tersebut.
  2. Tidak Bisa Merelakan apa-apa Yang Ia Miliki : Ini juga sama dengan penjelasan di atas, orang pelit itu selalu saja dihantui persaan rasa takut kehilangan apa-apa yang dia miliki. Ia selalu merasa bahwa bila ia memberikan sebagian kecil harta yang ia miliki akan bisa menggrogoti harta yang ia miliki. Padahal hanya sedikit, malah secuil, apa lagi bila dia orang kaya. aduh bisa-bisa dunia kiamat bila terlahir banyak orang-orang begitu. wkwkwkkwwk
  3. Tamak : Biasanya orang pelit itu juga mempunyai perasaan nafsu ingin memiliki apa-apa yang dimiliki oleh temannya atau orang lain. Sifat ini juga akan ada karna didasari perasaan iri. Sehingga apa-apa yang ia miliki akan merasa kurang dan dia menganggap temannya atau orang lain itu lebih beruntung dari pada dirinya.
  4. Mau Enak Sendiri : Ya kita bahas orang pelit juga, jadi orang pelit juga mempunyai perasaan tidak mau rugi. Dia selalu berusaha mengambil posisi enak sendiri. Kalau saja orang tersebut juga membantu orang lain, itu hanya untuk memamerkan kepada orang lain. Seperti halnya dia menyumbang ke Masjid, ia mesti harus di umumkan dan diberi tau siapa nama orang penyumbang tersebut lewat sepiker. Nyumbang ke panti asuhan, eh malah bawa wartawan agar masuk ke koran atau TV bahwa ia orang kaya yang peduli.
Nah sekarang anda taukan apa itu pemurah itu?, kebalikan dari apa yang dijelaskan oleh saya di atas aja. Lalu anda tela'ah baik-baik, apakah anda pernah begitu atau anda akan menjadi seperti itu terus, atau anda itu memang benar-benar orang yang termasuk dalam golongan orang-orang pemurah. Pikirkan saja oleh anda.... wkwkwk.

Demikian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat dan tentunya bisa merubah anda untuk menjadi seorang yang PEMURAH. Aminnnnn.... Wassalam !.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon