7 Macam Faktor Kesombongan

7 Macam Faktor Kesombongan

Disini saya akan membahas mengenai masalah Kesombongan setiap manusia. Faktor kesombongan akan ada sendirinya dihati seseorang, yang pasti mempunyai latar belakang keadaan. Dan dibawah ini saya sebutkan dan terangkan, anda mungkin ingin sekali menghindari sifat tersebut kan?, jadi simak saja penjelasan dibawah ini !.
  1. Memiliki Ilmu Pengetahuan, yaitu seseorang yang memiliki kekuasaan ilmu tetapi tidak mampu menggunakannya secara benar, maka dia akan terjebak sebagai pribadi yang sombong. Di sekitar kita, banyak orang karena kepintarannya menjadi pongah, merendahkan orang lain dan menganggap dirinya paling jago. Kebanyakan setiap orang memiliki kemampuan atau memiliki kepintaran, dia selalu bersikap belagu alias sombong. Karena setiap ilmu yang ia serap tidak sampai kedalam hati dan ketika mendalami ilmu tersebut batinya tidak dalam kondisi bersih alias kotor, serta ilmu yang ia serap hanya nempel dikepalanya saja.
  2. Amal Dan Ibadah, yaitu memang mungkin kedua hal tersebut akan menjadi pemicu kemunculannya sifat sombong. Seseorang mungkin menganggap dirinya paling banyak dan paling baik dalam beramal, sementara orang lain tidak. Contohnya, ada orang yang menyumbangkan harta untuk bencana banjir, tapi ia minta namanya untuk diumumkan agar orang-orang tau bahwa ia yang menyumbang paling banyak "misalkan". Ditambah lagi ia bicara kesana kemari mengenai apa yang ia pernah sumbangkan kepada teman-temannya atau tetangganya. Ada juga seorang yang merasa dirinya paling baik dalam ibadahnya, sementara orang lain itu masih kurang atau jelek, di anggap sesat atau malas dibanding dirinya. Wahhhh apa yang seperti itu meski ia beribadah rajin, ibadahnya akan diterima oleh ALLAH SWT ?, tidaklah... !!!.
  3. Faktor Keturunan, yaitu dalam hal ini memang sudah tidak asing lagi, orang-orang yang memiliki keturunan bangsawan, ningrat, kyai, dan lain-lain dikategorikan sebagai keturunan darah biru. Dan orang-orang semacam itu suka membanggakan dirinya karena keturunannya. Sebagian diri mereka membatasi dirinya untuk bergaul atau akrab dengan orang-orang biasa. Mereka menganggap orang yang bukan dari keturunan mereka akan menganggap orang itu bukan orang terhormat. Akibatnya mereka eksekusi menempatkan dirinya untuk tidak bergaul dengan orang dari yang tidak termasuk sama seperti keturunan mereka. Boro-boro mereka mau menikah dengan orang biasa, berteman saja ia membatasi dan tidak segan menghina orang lain.
  4. Memiliki Paras Yang Cantik atau Ganteng, yaitu hal ini memang sudah tidak asing lagi broo.... hhe banyak dari kalangan mereka yang merasa dirinya cantik atau ganteng, ia akan merasa lebih baik dari pada orang lain. Bahkan saling bangga terhadap dirinya sendiri, saling mengejek, dan bahkan ia bisa merebut kekasih orang lain. HAHHAA Teganya-teganya !!.
  5. Memiliki Harta Kekayaan, yaitu ada istilah yang salah di lingkungan kita, konon kalau orang kaya sombong itu pantes, tapi kalau orang miskin atau serba kekurangan sombong, apa yang ia sombongkan?. Memang sifat sombong itu, baik kaya maupun miskin tidak seharusnya ada di diri mereka. Sombong memang tetap sombong, tetapi sikap tersebut memang tidak pantas dimiliki manusia, orang yang mempunyai sifat tersebut akan runtuh bersama kepongahannya.
  6. Kekuatas Dan Keperkasaan, yaitu hal ini memang banyak juga dari faktor ia memiliki kekuatan dan ditambah ia memiliki kekuasaan. Mereka kebanyakan tidak kuasa menahan perasaan sikap sombongnya. Contohnya yang dekat aja, ada seorang siswa SMA tauran karena masalah salah satu siswa yang direndahkan dari pihak SMA lain, mereka tidak segan dendam dan ingin sekali melampiasakan amarah. Mereka seakan-akan menganggap kelompoknya merasa paling jago dan berkuasa atau merasa tidak takut apapun.
  7. Memiliki Pengikut Bodyguard Anak Kerabat Kaluarga atau Orang yang Berada di Sekitarnya, yaitu hal ini memang banyak dari kalangan orang-orang tertentu yang mempunyai pengikut Body Guard dan orang-orang terdekat menjadi pemicu kesombongan tersendiri. Mereka merasa tidak segan merendahkan orang lain karena mereka merasa orang-orang disekitarnya adalah orang-orang yang bisa diandalkan, tampan atau cantik, pintar, keperkasaan, kekayaan, dan lain-lain.
Nah demikian sobat sikap sombong memang tidak baik tentunya. Sikap tersebut akan menjerumuskan orang tersebut akan menjadi pihak yang dinilai bodoh dan sangat tolol. Sifat sombong juga artinya ia tidak bisa menempatkan dirinya secara tepat. Dan jangan lupa, golongan orang-orang diatas bila tidak kita sadarkan, ia akan mejadi termasuk orang-orang yang celaka, dan di akhirat akan menuai kesengsaraan yang pedih.

Sekian saja dari saya semoga bermanfaat ya karangan artikel dari saya. amin....!! Wassalam....
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon