Islam Menilai Pakaian

Pakaian dalam islam bukan sekedar memenuhi aspek kepantasan menurut manusia yang bersifat nisbi, tapi juga kepantasan menurut Allah SWT. Kepantasan dalam pandangan atau penilaian Allah SWT yang paling minimal adalah menutup aurat (membatas anggota tubuh yang digolongkan bagian tubuh yang harus ditutupi).

Islam Menilai Pakaian, kenapa wanita islam berkrudung

Oleh karena itu, anggota tubuh dan termasuk aurat bukan untuk diperlihatkan kepada yang bukan semestinya, akan tetapi aurat harus dijaga sebaik-baik mungkin agar tidak mengombar-ngombarkan haswat atau pikiran kotor kepada orang yang melihatnya. Apa lagi bagi wanita, wanita yang masih belum menikah alias perawan, ia harus menjaga bagian tubuhnya yang digolongkan aurat terkecuali telapak tangan dan telapak kaki. Seumpamanya begini, anda lebih memilih makanan mana seperti makanan yang dibungkus dan terjaga secara rapi, atau makanan yang tidak dibungkus dan dilingkungannya banyak debu atau lalat, serangga, coba lebih memilih mana ?, sama halnya bagi wanita islam yang dipandang oleh laki-laki yang baik dalam agamanya (Islam). Apakah anda lebih memilih laki-laki baik dan pintar dalam menjaga agamanya? ataukah anda lebih memilih laki-laki gaul seperti yang ada pada zaman sekarang?. Nah simak baik-baik dibawah ini !
Wanita, ia tidak terjaga akan tubuhnya dan auratnya. Ia mempunyai pacar, dan pacar secara islam memang tidak diwajibkan dan memang tidak ada anjuran dari ajarannya. Seperti halnya dari kaum anak remaja dan lain-lain, ia pacaran, wanita tersebut tidak bisa menjaga dalam auratnya, dan yang namnya laki-laki melihatnya, mungkin bisa dikatakan wajar ia kelabakan (nafsu), karena seorang manusia ia diberi dua sifat baik dan buruk, wanita juga sama, (tergantung imannya). Nah kembali pada soal pacaran, pada zaman sekarang yang namanya pacaran mereka tidak hanya saling bertemu dan berbicara biasa, melainkan kebanyakan berhubungan seperti suami istri (seperti yang sudah syah), meskipin mereka belum menikah. Bayangkan bila anda (wanita) dengan laki-laki tersebut tidak berjodoh atau laki-laki tersebut selingkuh (umpamanya) atau sebaliknya. Dan anda berjodoh dengan laki-laki lain, yang dipertanyakan adalah, apakah anda merasa kasihan atau sayang kepada suami anda kelak nanti dengan anda tidak bisa menjaga perhiasan anda?. Anda sudah berhubungan ketika pacaran, dan suami anda yang bela-bela memberi hadiah maskawain, nafkah, dan sebagainya, ia malah mendapat yang sudah basi (seperti halnya makanan tadi yang dibungkus atau tidaknya). Padahal suami anda nanti yang hanya tahu tentang anda, anda belum menikah sebelumnya dan masih muda, sudah terlihat menipu kemudaannya padahal dalamnya?.
Masalah aurat, aurat dan segala anggota tubuh kita diciptakan oleh Allah SWT. Ia menciptakan manusia seperti wanita dan laki-laki diberi peran dan keistimawaan khusus pada setiap keduanya. Dia harus selalu mensyukuri nikmatnya dengan menjaga sebaik-baik mungkin secara hukum dan aturan agama Islam. Banyak dalil agama, seperti pada ayat Al-Qur'an atau hadist Nabi yang menyinggung tentang pentingnya mengenakan pakaian agar menjaga dengan menutupi aurat pada bagian tubuhnya yang sebagai suatu perhiasan bagi orang yang menjadi haknya. Tentulah pantas yang dimaksud ajaran Islam, juga islam bukan sekdar mengajarkan agar menjaga aurat, akan tetapi mengenakan pakaian yang tidak harus berlebih-lebihan. Seperti halnya anda meskipun mempunyai harta dan mampu untuk membeli apapun (perhiasan dll), ia tidak seharusnya berlebih-lebihan dalam mengenakannya.

Dengan memakai pakaian dari sutra, berlapis emas, atau perak atau apapun itu yang termasuk barang mewah. Karena dengan anda begitu, seseorang yang tidak seperti anda yang bisa membeli apapun atau mampu, akan merasa iri dan merasa tersakiti. Oleh sebab itu Islam tidak memperbolehkan mengenaiakan pakaian yang berlebih-lebihan (serba-serbi). Berpakainan juga kita harus mengenakan pakaian yang layak dan  baik. Seperti anda jangan mengenakan pakaian yang bolong kotor, PD kemana-kemana, hhe yang sederhana-sederhana saja, karena islam memang sudah seharusnya sederhana dalam masalah materi meskipun anda itu orang mampu. 

Seperti halnya dalam suatu kewajiban kita, yaitu ibadah haji, umat islam diwajibakan untuk mengenakan pakain yang serba putih, dan kain tersebut tidak dijahit. Oleh karena itu, maksudna adalah agar setiap umat manusia, bahwa Allah SWT tidak memandang suatu keistimewaan dalam masalah warna, cara, dan kualitas pakaian (materi). Akan tetapi Allah memandang dengan menilai suatu amal perbuatannya.

Kesimpulannya adalah bahwa anda tidak boleh mengenakan pakaian yang tidak menutupi aurat dan mengenakan pakaian yang berlebih-lebihan. Oleh sebab itu anda tidak boleh menyepelakan masalah pakaian yang anda kenakan. Seperti "akh yang penting menutupi ! (walau dada ama puser terlihat), akh yang penting rapi !(walau dada, lengan, rok ukuran pendek), akh saya sudah menjaga dengan berkerudung ini kok (tetapi baju yang dikenakan agak ketat dibagian dada dan celana menjol ketat dibagian bokong + mekup yang tebal terlihat waw meski berkrudung "ingat wajah juga termasuk aurat bila anda memakai rias berlebihan atau berexpresi wew agar terlihat menawan / menggoda"), akh yang penting saya menjaga, tidak peduli mereka menilai apa dan mempunyai perasaan apaan(haswat) ! loo anda diperkosa gimana? naudhubilahimindalik. Juga anda harus mengenakan pakaian yang semestinya atau layak agar mencegah dari ejekan orang lain tentunya.

Sekian saja artikel yang menjelaskan masalah "Islam menilai pakaian". Semoga bermanfaat untuk anda khususnya bagi kaum wanita.
Ide dari : Sufi Funky
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon