Kenapa Kita Harus Sabar?

Pada dasarnya, sabar adalah merupakan suatu ciri khas manusia, itu seperti yang dikatakan Imam Al-Gazali. Selain dikaruniai akal, manusia juga memiliki sebagian penyeimbang yaitu adalah hawa nafsu. Dan sabar terletak didalam hari yang lapang. Mahluk yang diciptakan oleh Allah SWT, yaitu binatang dan malaikat itu tidak perlu atau tidak memerlukan rasa sabar, melainkan karena bila binatang, mereka tidak mempunyai akal pikiran seperti halnya manusia, sedangkan kalau malaikat, mereka hanya dibekali kesucian dalam hatinya dan selalu cendrung beribadah kepada Allah SWT. Sedangkan bila manusia, itu mereka didampingi dua perasaan, yaitu nafsu dan sabar atau dibekali kesalahan dan kebaikan. Berbeda juga dengan iblis (setan), mereka dibekali dengan satu perasaan, yaitu nafsu saja atau maksudnya mereka selalu saja berbuat salah.

Kenapa Kita Harus Sabar

Sebagian manusia yang memiliki dua sifat tersebut, jagalah agar tidak diperbudak oleh hawa nafsu keinginan, haswat dan amarah serta kesalahan dengan meninggalakan segala jalan yang berliku-liku dan melalui segala pintu-pintu kesabaran. Jika seseorang kehilangan kesabaran yang dikendalikan oleh hati nurani yang jernih, maka akan muncul tindakan diluar kontrol seperti halnya tindakan diluar hati atau perasaan jernih dan akal pikiran yang bersih akan menyebabkan suatu hal yang membuat dirinya menyesal.

Untuk itulah, sifat penyabarlah kunci dari segala keburukan tersebut dan harus terus berusaha menanam serta memupuknya. Sabar dalam arti yang positif bisa menumbukan energi hidup yang semakin menantang. Sabar juga tidak berarti tanpa usaha atau tindakan saja, akan tetapi sabar adalah sebagai strategi untuk mengendalikan segala sesuatu yang menimbulkan munculnya hawa nafsu yaitu segala persoalan-persoalan didunia ini.

Dan dibawah ini adalah beberapa contoh sabar yang dapat di terapakan dalam segala persoalan hidup sebagai manusia beriman, yaitu :

  1. Sabar dalam menerima cobaan, yaitu bahwa cobaan adalah suatu kejadian yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya musibah dan lain-lain. Cobaan juga bisa diartikan seperti halnya kita mendapat rejeki, misalnya kita menang lomba, nah disitu anda apakah dengan diberikan rejeki begitu, apakah anda dapat bersykur ataukah tidak?. Untuk itu kebahagianpun harus memerlukan kesabaran agar kita tidak kebablasan atau agar kita bisa mengatasi segala apa-apa yang menggebu-gebu dalam hati.
  2. Sabar dalam suatu keinginan hawa nafsu, yaitu sering kali hawa nafsu selalu mengarahkan kepada perbuatan tercela atau dosa. Dengan kesabaranlah kita harus mengendalikannya. Seperti halnya contoh anda ingin sekali mempunyai motor merek anu dan motor itu mahal sekali, anda harus mempunyai uang banyak juga untuk membelinya, tetapi anda memang tidak mempunyai uang sama sekali atau sebagian saja, itu anda harus sabar dalam menghadapi segala keinginan dalam hati anda atau angan-angan agar anda tidak terjerumus kedalam perbuatan dosa, seperti halnya mencuri atau suatu tindakan apapun agar simotor yang anda impi-impikan dapat anda miliki.
  3. Sabar dalam taat kepada Allah SWT, yaitu dalam menjadi pribadi yang taat kepada Allah dalam menjalan segala perintahnya dan menjauhi larangannya, anda juga harus dibekali suatu kesabaran. Seperti halnya contoh anda itu selalu shallat dan taat kepada Allah, anda juga selalu berdoa setiap sesudah shallat, tetapi sama sekali tidak ada yang berubah pada diri anda dengan anda selalu miskin dan selalu di ejek-ejek temen atau olok-olok sama temen. Dengan demikian anda berfikir negatif dengan melakukan ibadah dan menjadi manusia yang taat, itu tidak ada gunaanya sama sekali, dan bahkan sampai anda meninggalkan apa-apa yang diperintahkan-Nya dan melakukan apa-apa yang dilarang-Nya. WAAAW itu sih tidak dibenarkan sama sekali sobat, melainkan anda harus senantiasa terus dan semakin rajin beribadah dan menjaga segala dari perbuatan dosa serta kunci dari tidak melakukan suatu perbuatan dosa yaitu dengan sifat sabar tentunya.
  4. Sabar dalam menyiarkan syariat Islam atau berdakwah, yaitu dengan berdakwah pun kita harus selalu bersabar dalam menjalankannya. Dengan kesabaran itulah anda akan bisa gampang diterima oleh orang yang anda kasi tau, seperti halnya anda punya temen tidak pernah beribadah, anda mengajak-ngajak kepadanya tetapi dia tidak pernah mau, untuk itu jangan anda caci maki bahwa dia kafir atau apaanlah. Oleh karna itu anda harus bersabar dalam mengajarkannya, serta memberitahunya agar segala usahanya akan lancar sesuati rencana.
  5. Sabar dalam membela diri dan memerangi diri, yaitu seperti contoh yang pertama dalam membela diri pada hinaan teman atau dalam cobaan fitnah, dengan sabarlah anda bisa menjalaninya agar anda selalu menjadi orang yang bijaksana dan agar diberi solusi atau jalan dari Allah SWT. Dan yang kedua dalam memerangi diri, seperti contoh anda seorang remaja, belum menikah, mungkin anda tau maksud saya, dengan rasa sabar anda akan terhindar dari sesuatu hal yang hina atau kotor. Atau seperti contoh lagi anda mempunyai suatu keinginan yang besar dan tak kunjung telaksanakan, anda juga harus selalu bersabar dan menjalaninya ditambah dengan doa agar anda diberi jalan serta dialancarkan apa yang anda harapkan.
  6. Sabar dalam pergaulan, yaitu seperti halnya contoh anda mempunyai teman baru, teman baru tersebut kurang cocok dalam sikap atau perilakunya. Atau mungkin teman kamu selalu berbuat dosa, seperti memium alkohol atau apapun, anda diajak dan anda berfikir bila tidak menurut anda akan dijauhi atau tidak disukai, dengan kesabaranlah kuncinya anda dalam menyikapinya dan bijaksana.
Pada kesimpulannya, sifat sabarlah yang akan membuat anda menjadi pribadi yang baik dan sifat sabar adalah suatu kunci kehidupan didunia. Dengan kesabaran juga, anda akan menjadi pribadi yang bijaksana, desangi oleh orang lain, diharapkan kehadiran anda, dan ditangisi kepergian anda.

Sekian saja dari saya, semoga Artikel saya yang berjudul "Kenapa Kita Harus Sabar?", menjadi manfaat buat anda, khususnya buat saya dan umumnya buat anda para sahabat blogger, hhe uda kayak berdakwah aja. Ya sudah, semoga anda bisa menjaga diri dari segala masalah dengan sikap sabar sobat, aminnn... !
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon