Macam-macam Bagian Notebook

Pengertian NoteBook
Notebook berasal dari bahasa Inggris, merupakan komputer pribadi dalam bentuk portabel. Notebook dilengkapi dengan fitur lengkap dan perbedaan utama dibandingkan dengan versi desktop adalah desain yang portabel atau sangat simpel serta dapat dibawa. Fungsi Notebook sama terdiri dari komponen pengisi, tetapi ini biasanya berbentuk lebih kecil, lebih ringan, menghasilkan lebih sedikit panas dan mengkonsumsi energi kurang dari PC desktop. Ini adalah bagian yang lebih maju pada jaman modern ini, mengingat portabilitas desain dan teknologi, Notebook menjalankan software yang sama seperti pada desktop, seperti Linux,Windows , MacOS atau  sistem OS lainnya. Komputer portabel kini, secara eksklusif dilengkapi dengan baterai isi ulang yang dapat dibeli, yang berarti beberapa jam dapat beroperasi tanpa dihubungkan ke jaringan sumber daya listrik.

Macam-macam Bagian Notebook

Pada kali ini saya akan menjelaskan Bagian-bagian Dari NoteBook yang umum. Mungkin ada bagian-bagian yang dijelaskan disini yang berbeda atau tidak terdapat pada NoteBook yang anda punya. Untuk lebih lanjutnya dibawah ini adalah nama-nama bagiannya, yaitu :

Layar LCD
Layar LCD berfungsi untuk menampilkan semua informasi dan grafik dari notebook. Atur sudut kemiringan panel layar sehingga anda dapat memandang dengan nyaman. Kecerahan layar dapat diatur sesuai dengan kondisi ruangan.

Tombol Power
Tombol Power adalah suatu tombol yang berguna untuk menghidupkan suatu notebook. Tombol ini letaknya berada pada bagian sudut kanan atau kiri notebook, dan dengan menekan sekaligus, notebook akan masuk ke posisi stanby atau hidup.

Keyboard
Keyboard adalah suatu tombol yang terdiri dari hurup dan angka. Berfungsi untuk memasukan informasi dan kontrol tertentu. Dengan menekan tombol-tombol pada keyboard anda memberikan intruksi dan informasi pada notebook.

TouchPad
TouchPad adalah suatu bagian pada notebook berbentuk kotak kecil persegi empat berfungsi untuk mengarahkan kursor pada layar LCD notebok sesuai yang anda inginkan. TouchPad juga dilengkapi dengan dua buah tombol pada bawah TouchPad disudut kanan dan kiri berguna sama dengan mouse.

Drive Optik
Drive Optik berfungsi untuk membaca atau menulis data pada cakram optik. Jenis cakram yang dapat dibaca atau ditulis bisa berbentuk CD atau DVD. Untuk memasang cakram, teka tombol eject dan baki akan keluar. Tarik baki secara perlahan, dan tempatkan cakram di atas baki lalu masukan kembali sampai terdengar suara "cekrek".

Kartu LAN Nirkabel (Wi-fi).
Wifi berfungsi untuk menghubungkan notebook secara nirkabel dengan jaringan yang tersedia. WiFi ini terpasang didalam notebook dan tidak nampak dari luar. Untuk mengetahui status kerja WiFi, perhatikanlah lampi status panel atau layar notebook.

Bluetooth
Bluetooth adalah suatu alat untuk menghubungkan notebook dengan berbagai macam perangkat lain yang menggunakan standar Bloetooth seperti halnya printer, telephone seluler, PDA, dan masih banyak lagi. Alat ini terpasang pada notebook dan tidak nampak dari luar Untuk mengetahui kinerja Boetooth lihatlah indikator Bloetooth pada layar notebook.

Slot Kartu PC / Ecpress
Slot ini dapat digunakan sebagai antarmuka antara notebook dengan berbagai macam alat komunikasi, misalnya adaptor jaringan, adaptor SCSI, fax / Modem, atau sebagai penyedia penyimpanan datatambahan.

Slot Kartu Media Penyimpanan
Slot ini berguna sebagai antarmuka antara notebook dengan kartu media penyimpanan MS, MS Pro, MMC, SD, dan xD-Picture. Kartu media penyimpanan tersebut dapat juga digunakan untuk berbagai macam peralatan digital, PDA, kamera video dan lain-lain. Cara mneggunakannya adalah tinggal anda masukan slot secara perlahan dan tekan sedikit hingga kartu terkunci. Pastikan anda memasukan kartu dengan arah yang benar dan jangan memaksa memasukan kartu bila terasa sulit.

Port USB
Port ini berfungsi untuk menghubungkan notebook dengan berbagai macam perangkat lain menggunakan standar Universal Serial Bus (USB), seperti halnya printer, scanner, kamera digital, flash memory, keyboard, mouse, dan lain-lain.
Port 1349 / IEEE1349
Port ini adalah port serial kecepatan tinggi. Anda dapat menghubungkan perangkat mendukung standar IEEE 1349 meletakan port ini.

Port Video Eksternal
Port ini berfungsi untuk menghubungkan notebook dengan monitor ektsrnal atau projektor. Hubungkan kabel VGA 15-pin dari port ini ke bagian input VGA monitor ekternal atau projektor.

PortS-Video
Port ini berfungsi untuk menghubungkan notebook dengan peralatan video seperti TV, VCR, dan lain-lain. Hubungkan kabel S-Video dari port ini kebagian input S-Video pada peralatan video.

Jack Fack / Modem RJ-11
Hubungkan unjung kabel dari saluran telepon dengan koneksi RJ-11 pada jack ini. Melalui saluran telepon dengan Fax/Modem anda dapat mengirimkan atau menerima fax, mengakses internet, dan terhubung ke jaringan dikantor.

Jack LAN RJ-45
Hubungkan ujung kabel dari jaringan dengan konektor RJ-45 pada jack ini. Kartu LAN berfungsi untuk menghungkan notebook dengan jaringan lokal yang tersedia.

Jack Audio-Out
Jack ini berfungsi untuk menghubungkan kabel hedset dan speaker eksternal.

Jack Microphone-in
Jack ini berfungsi untuk menghubungkan microphone tambahan.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon