Pentingnya Alat Webmaster Google Untuk Blog Anda

Webmaster adalah suatu alat pengembang situs resmi dari google untuk blogger. Kegunaan dari Webmaster adalah untuk memantau, menjaga, mengembangkan blog anda agar web anda mempunyai pengalaman yang baik. Dari kegunaan setiap kegunaannya, Webmaster juga mempunyai peran penting untuk google analytict sebagai syarat dan berguna untuk memantau seberapa terkenalnya atau seberapa tingginya peringkat dari situs anda dimesin pencari seperti google utamanya dan mesin pencari lainnya.

Pentingnya Alat Webmaster Google Untuk Blog Anda

Beberapa menu kegunaan dari Webmaster google bagi situs anda adalah sebagai berikut :

Tampilan Penelusuran

  1. Data Terstruktur, yaitu suatu alat untuk melihat kinerja dari sitemap blog anda yang terpasang di tempelate anda, dan bila anda ingin menggunakannya, anda harus mengedit html tempelate blog anda untuk memasukan marcup. Seperti marcup dari microformats.org, schema.org, berguna untuk membuat situs anda lebih baik dari SEO dimesin pencari google maupun mesin pencari lainnya.
  2. Penyorot Data, yaitu suatu alat untuk menampilkan data situs anda pada mesin telsur. Ini merupakan alat untuk memberi setiap tag dari situs anda seperti marcup tanpa harus mengedit tempelate anda. Bila anda ingin tahu cara menggunakannya, anda bisa lihat dari pedoman menggunakan alat webmaster di webmaster anda.
  3. Penyempurnaan HTML, yaitu berguna untuk melihat apakah ada duflikat dari deskripsi pada metag di dalam tempelate anda. Duflikat adalah suatu yang membuat situs anda kurang baik dengan mendorong dari url situs anda ke pengunjung di mesin pencari.
  4. Tautan Situs, yaitu suatu alat untuk menautkan situs anda, atau anda disitu bisa menautkan url baru, dan sipengunjung bila mencari halaman page utama situs anda seperti contoh.blogspot.com, sebagian besar akan menampilkan url yang anda kirim tersebut.
Lalu Lintas Penelusuran
  1. Kueri Penelusuran, yaitu berguna untuk melihat data dari analytict google, seperti menampilkan berapa banyaknya laman postingan anda tampil di mesin pencari dan berapa banyaknya laman tersebut diklik oleh diklik atau dikunjungi.
  2. Tautan ke Situs Anda, yaitu berguna untuk melihat situs orang lain yang menautkan url dari situs anda, seperti halnya Backlink.
  3. Tautan Internal, yaitu berguna untuk melihat suatu url halaman postingan anda yang tertaut dimesin pencari.
  4. Tautan Manual, yaitu berguna untuk melihat tautan url manual disitus anda, seperti halnya spamer di comment, atau anda bila melakukan comment diblog orang lain dengan mencantumkan url aktif situs anda, dan masih banyak lagi hal yang bisa menjadikan spamer.
Google Indeks
  1. Status Indeks, yaitu berguna untuk melihat data suatu url halaman postingan dari situs anda yang pernah ditampilkan atau ditautkan di mesin pencarian google.
  2. Kata Kunci Konten, yaitu berguna untuk melihat data suatu kata kunci yang diketik oleh pengguna dan tertaut oleh mesin pencari google dari situs anda atau halaman postingan anda.
  3. Hapus Url, yaitu suatu alat yang berguna untuk menghapus url halaman postingan anda di mesin pencarian google yang halaman postingan situs anda itu sudah anda hapus dari blog, agar mesin pencari google tidak menautkan url halaman postingan anda yang sudah dihapus. Berguna untuk tidak terjadi kesalahan 404.
Perayapan
  1. Kesalahan Perayapan, yaitu berguna untuk melihat data kesalahan perayapan suatu DNS, URL yang tidak ditemukan, dan kesalahan pengambilan robot.txt. Disitu anda bisa memantau kinerja dari halaman postingan anda yang hilang dari mesin pencari, atau url yang sudah anda hapus dari blog dan pengguna tidak menemukan halaman disitu anda, dari url yang tertaut di mesin pencari.
  2. Statistik Perayapan, yaitu suatu alat yang berguna untuk melihat data kegiatan dari googlebot (Google Index), yang pernah merayapi halaman anda pada setiap harinya.
  3. Ambil Sebagian Google, yaitu suatu alat yang berguna untuk mengirimkan url anda ke mesin pencarian google secara manual, atau ini berguna untuk menautkan url halaman situs anda yang tidak bisa terindex di mesin pencari google.
  4. URL yang di Cekap, yaitu suatu alat yang berguna untuk melihat berapa banyak url anda yang dicekap oleh robot.txt, dan berguna untuk menguji suatu robot.txt anda untuk mencekal situs yang anda kecualikan terindex di google, agar tidak terjadinya kesalahan perayapan.
  5. Peta Situs, yaitu berguna untuk menambahkan peta situs anda ke google index atau mesin pencari lainnya, seperti halnya url contoh.blogspot.com/feeds/posts/default agar situs anda lebih cepat dan gampang terindex di mesin pencari.
  6. Parameter Url, yaitu berguna untuk menangani suatu url anda yang mengandung duflikat seperti halnya contoh url (2013/07/pamer-nggaklah.html?utm_source=feedburner...blablabla bla). Disitu anda bisa menangani url situs yang mengandung duflikat, parameter (utm_source), url yang dipantau (30), konfigurasi (13 oktober 2013), efek (menentuka), perayapan (Setiap URL).
Masalah Keamanan
Masalah Keamanan, yaitu berguna untuk melihat apakah ada virus malware yang merugikan situs anda. Disitu anda bisa melihatnya bila situs anda terjangkit virus di blog/web anda. Bila terjadi hal itu, anda bisa menanganinya dengan menscan blog/web anda, menggunakan situs antivirus online.

Sumber Daya Lainnya
  1. Alat Pengujian Data Terstruktur, yaitu anda bisa menggunakannya untuk melihat micromap data atau richsnippets yang terpasang disitus anda. Anda disitu bisa melihat dan diblog dengan benar.
  2. Pemandu Marcup Data Terstruktur, yaitu anda bila ingin mengetahui cara menggunakan marcup data diblog anda atau situs web yang mempunyai domain premium, yang mempunyai conten berbasis bisnis, anda bisa menggunakan alat itu dengan memeberi tag agar terindex sesuai yang mau anda tautkan dimesin pencari google.
  3. Penguji Markup Email, yaitu suatu alat untuk menguji marcup data email anda.
  4. Google Places, yaitu suatu alat yang berguna untuk mengembangkan situs anda yang dikategorikan bisnis.
  5. Google Merchant Center, yaitu suatu alat yang berguna untuk mengubah data produk yang ditautkan di web anda ke google, dan anda bisa membuatnya tertaut di pencarian google produk.
  6. PageSpeed Insights, yaitu suatu alat yang berguna untuk mengetahui seberapa ringannya memuatnya blog anda bila saat pengunjung masuk dan membuka situs anda.
  7. Penelusuran Khusus, yaitu berguna untuk membuat alat widget mesin telusur diblog anda. Alat itu berguna agar blog anda lebih baik dimata mesin pencari google seperti halnya kata SEO.
Lab
Lab adalah suatu alat untuk melihat data url yang dklik oleh pengguna blog tersebut, atau url halaman blog anda yang anda klik sendiri, disitu anda bisa melihat seberapa jumlah url yang diklik dan seberapa klik url tersebut oleh anda.
Sekian saja artikel mengenai "Pentingnya Alat Webmaster Google Untuk Blog Anda". Semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang masih baru di blogger. Semangat gan, sukses selalu mengeblog !!!.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

1 comment

  1. Kalau untuk Penyorot Data masih belum pernah menggunakannya.

    ReplyDelete

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon