Pengertian Pengertian Geologi Pertambangan

Pengertian Geologi
Pada dasarnya, Geologi merupakan berasal dari dua kata bahasa Yunani kuno yaitu Geo (bumi) dan logos (ilmu pengetahuan). Jadi artinya, Geologi adalah ilmu pengetahuan tentang bumi. Lebih jelasnya adalah, bahwa geologi yaitu artinya ilmu pengetahuan mengenai sejarah, struktur, komposisi, dan proses-proses perubahan pada permukaan bumi menjadi seperti sekarang ini.

Pengertian Pengertian Geologi Pertambangan

Ilmu Geologi Berkaitan dengan Ruang Lingkup Geologi Dasar.
Pengertian Geologi Struktur adalah ilmu yang mempelajari mengenai susunan bumi dan berkaitan dengan jenis-jenis batuan yang terbentuk pada kerak bumi.

Pengertian Geologi Pertambangan
Geologi Pertambangan adalah ilmu yang mempelajari menganai kandungan mineral atau bahan-bahan tambang yang kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri atau keperluan lain-lain. Geologi Minyak adalah ilmu yang mempelajari mengenai bahan-bahan fosil yang dapat digunakan sebagai bahan bakar atau sumber energi minyak ataupun gas bumi.

Pengertian Geologi Teknik adalah ilmu yang mempelajari mengenai keadaan permukaan bumi yang berkaitan dengan kekuatan tanah untuk penopang konstruksi bahan bangunan dan lain-lain.

Pengertian Petrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat batuan penyusun bumi dan manfaatnya.
Pengertian Mineralogi adalah ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan ciri-ciri mineral yang terdapat pada bumi beserta manfaatnya bagi kehidupan manusia serta dampak terhadap dan ciri-ciri tanah.

  • Vulkanologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai sifat, ciri dan pembentukan gunungapi serta dampaknya terhadap kehidupan manusia.
  • Seismologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai sifat-sifat gerakan kerak bumi berupa gempa/getaran bumi dan dampaknya terhadap susunan kerak bumi beserta bentuk permukaan bumi.
  • Stratigrafi adalah ilmu yang mempelajari mengenai lapisan-lapisan bumi baik dari sifat lapisan maupun proses terjadinya perlapisan.
  • Geofisika adalah ilmu yang mempelajari mengenai pembentukan keadaan permukaan bumi dan atsmosfer seperti perubahan angin iklim serta beberapa sifat fisik lain-lainnya yang mempengaruhi permukaan bumi.
  • Geokimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai sistem penyusun bumi dilihat dari aspek kimia seperti kelarutan unsur dan karakteristik unsur dalam tanah.
  • Geologi Sejarah adalah ilmu yang mempelajari mengenai evolusi kehidupan di permukaan bumi yang meliputi peradapan manusia di permukaan bumi dan pengaruhnya terhadap lingkungan.
  • Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai keadaan fosil-fosil yang terkandung dalam batuan yang dapat mengungkapkan sejarah pada masa lalu.
  • Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai proses-proses yang berhubungan dengan pembentukan permukaan bumi serta pengaruhnya terhadap kondisi setempat
  • Sedimentologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai seluk-beluk batuan endapan (batuan sedimen) meliputi klasifikasi, jenis dan macamnya serta pembentukannya.
Sumber : http://sintaloh.blogspot.com/2013/09/pengertian-dasar-geologi-pertambangan.html
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

1 comment

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon