Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin di SMKN 2 Banjar

Pada hari ini menjelang malam minggu saya akan memberikan contoh mengenai Laporan Prakerin pada bagian Latar Belakangnya untuk anda yang memang sedang mencari-cari contoh latar belakang pada Laporan Prakerin. Contoh Latar Belakang kali ini saya tulis yang bersumber dari bekas Laporan buatan teman saya yang Sekolah di SMKN 2 Banjar, dan ia melaksanakan Prakerin di kota Bogor PT. Indotrans.

Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin

Teman saya berasal dari daerah Kabupaten Ciamis ini bersekolah di SMKN 2 Banjar berjurusan Teknik Komputer dan jaringan (TKJ), yang memang sebenarnya juga saya menyukai jurusan tersebut. Jadi, saya posting saja buat nambah-nambah wawasan saja juga buat anda para pengunjung blogger Artikel Karya Ku yang kebetulan sedang mencari contoh Latar Belakang dari Laporan Prakerin.

Oh iya sobat blogger, bagi anda yang membutuhkannya, silahkan baca terlebih dahulu, setelah itu bila mana ada yang kurang pada kalimat maupun kata-kata pada contoh latar belakang laporan prakerin dibawah ini, silahkan berikan kritik dan saran yang baik sebagai acuan wawasan yang lebih baik bagi saya sebagai penulis. Dan memang bila mana contoh dibawah ini sudah cukup benar, silahkan copy paste saja buat kebutuhan pembelajaran anda.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan dari Sekolah yang memandukan secara sistematik dan sinkon antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dalam kegiatan di Sekolah, akan tetapi hal itu dapat dikuasasi melalui proses pengerjaan langsung pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para Siswa yang dapat melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari pada Dunia Industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda, hal ini kita tidak akan bisa langsung terjun ke Dunia Industri dikarenakan kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.

Beberapa peraturan dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) beserta keputusan dari Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tersebut ada dibawah ini, yaitu sebagai berikut :
  1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang.
  2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
  3. Peraturan pemernitah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
  4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kuriulum SMK yang berisi bahwa "Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar Seklolah".
  5. Didalam lampiran keputusan MENDIKBUD tentang kurikulum 1994 SMKTA yaitu dalam dokumen landasan, program dan pembangunan kurikulum 1994 SMKTA, disebutkan bahwa peningkatan mutu dan relevasi Pendidikan Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang utuh dan mantap sehingga terdapat kesinambungan antara dunia Pendidikan dan Dunia Kerja.

1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
  1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan pekerjaan.
  2. Memperkokoh link and macth (kesesuaian dan kesepadanan) antara SMK dan Dunia Kerja.
  3. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
  4. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Banjar.
1.2.2 Tujuan Khusus
  1. Diharapkan dapat menambah wawaasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
  2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang profesional dalam lapangan kerja antara lain strukutur organisasi, jenjang karir dan teknik.
  3. Mengimplotasikan antara pendidikan di Sekolah dan diluar Sekolah.
  4. Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Uji Kompetensi.
  5. Mengembangkan pola pikir yang lebih maju.
  6. Dengan mangacu pada tujuan pendidikan menengah dan pasal 3 ayat (2) Peraturan Nomor 29 Tahun 1990. pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan :
  1. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan siap profesional.
  2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkopetensi dan mampu mengembangkan diri.
  3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebuthan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada saat ini maupun masa yang akan datang.
  4. Menyiapkan lulusan agar menjadi Warga Negara yang produktif, adaptif, dan kreatif.
  5. Misi pembentukan pembangunan yang mampu berperan sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak kerja dan berbagai kemampuan kejuruan, dijabarkan secara sistematis dalam Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) berbagai program studi dalam kurikulum 1994 SMKTA serangkai mata pelaaran yang mendukung tercapainya tujuan suatu program studi dialokasikan dalam waktu dan juga kredit yang memmadai, sebagaimana tertera dalam strukutur program studi yang bersangkutan. Dalam setiap program studi, sementara teralokasikan sejumlah kredit untuk Pengalaman Kerja Lapangan.
1.3 Ruang Lingkup Materi

Ruang Lingkup Penyusunan laporan ini terdiri dari :

Berisikan tentang Latar Belakang, Dasar Hukum Pelaksanaan Prakerin, Tujan Pelaksanaan Prakerin, Tujuan Penyusunan Laporan, Ruang Lingkup Materi, dan Metode Pengumpulan Data Laporan.

Aspek Umum berisikan tentang singkat PT. Indotrans Data, Struktur Organisasi, Kepegawaian, dan Kesiplinan di PT. Indotrans Data.

Aspek kejuruan berisikan uraian singkat tentang PT. Indotrans Data, landasan teori dan pelaksanaan pekerjaan selama Prakerin.

Sekian saja dari saya sobat, semoga bermanfaat buat anda yang membutuhkannya. Dan jangan lupa, berkunjung selalu pada blog ini agar selalu mendapatkan informasi mengenai contoh-contoh makalah atau laporan prakerin.hhe... Wassalam !.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

5 comments

  1. Latar belakang laporan prakerin saya pendek. Bingung soalnya mau nulis apa
    Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin SMK

    ReplyDelete
  2. Informasi yang menarik dan bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    ReplyDelete
  3. terimakasih yaaa. sangat membantu ^^

    ReplyDelete
  4. makasih gan ,, varokah vostingannya

    ReplyDelete

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon