Pengertian Sistem dan Analisis Sistem

Pengertian Sistem dan Analisis Sistem
Pengertian Sistem dan Analisis Sistem
Sistem adalah suatu kalimat yang diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari suatu variabel-variabel yang saling terorganisasi, berinteraksi, dan saling bergantung dengan satu sama lain.

Sedangkan Anilisis Sistem adalah merupakan sesuatu yang dilakukan dengan tujuan untuk menunjukan apa saja yang tidak maksimal dan tidak optimal dalam sistem tersebut, hingga perlu didefinisikan dan dievaluasi melalui beberapa faktor yaitu dengan melalui analisis PIECES.

A. Kinerja (Performance)
Kinerja atau Performance adalah suatu analisis terhadap kemampuan sistem dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Dalam Kinerja atau Performance, itu sangat diperlukan (sangat penting) yang berkaitan dengan produktifitas dengan hasil kerja yang dilakukan. ukuran hasil kerja dapat kita lihat dari jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan pada waktu tertentu dan adanya waktu yang tertunda dari suatu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya. Hal ini tentunya sangat menghambat suatu proses kinerja dalam lembaga pendidikan tersebut. Dengan hal itu, diperlukan suatu cara yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja sistem instansi agar kinerja bisa dioptimalkan.

Parameter Hasil Analisis Kinerja
1. Troughput
2. Respontime
  • Troughput = Kinerja kurang efektif karena proses pencatatan data, pemasukan data, dan pembuatan laporan membutuhkan waktu berhari-hari hanya dapat menyelesaikan sedikit pekerjaan.
  • Respontime = Waktu respon dalam pemasukan data dan pembuatan laporan yang lama karena harus mencari berkas-berkas yang terkait.
B. Informasi (Informastion)
  • Penting terhadap kualitas informasi yang disajikan dimana informasi harus mempunyai kualitas terhadap keakuratan, ketepantan waktu, dan relevan serta mempunyai nilai informasi.
  • Informasi mempunyai peran penting bagi pihak menajemen untuk menentukan kebijakan dan dan mengambil keputusan. Sumber informasi tersebut berupa laporan dan dari proses olah data.
Parameter Hasil Analisis Informasi
1. Keakuratan
2. Ketepatan Waktu
3. Relevan
  • Keakuratan = Informasi yang disajikan masih belum akurat, dikarenakan data masih disimpan dalam bentuk arsif, sehingga berpotensi besar terhadap kerusakan dan kehilangan data.
  • Ketepatan Waktu = Informasi yang ketidak tepatan waktu karena pencarian berkas-berkas yang banyak.
  • Relevan = Informasi yang diberikan masih kurang relevan dikarenakan adanya kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pencatatan data.
C. Ekonomi (Economy)
Dalam ekonomi, pada tinjauan analisis ekonomis tidaknya sistem yang ada merujuk pada sumber daya yang digunakan. Terhadap peningkatan manfaat dan keuntungan yang diperoleh atau penurunan keuntungan yang diperoleh atau akibat pada besarnya biaya yang digunakan.

Parameter Hasil Analisis Ekonomi
1. Biaya
2. Manfaat
  • Biaya = Penggunaan kertas, dan alat-alat tulis dalam pencatatan data sangat boros, karena data yang banyak, arsipnya pasti juga banyak, belum lagi jika terjadi kesalahan, maka harus mengulang mengakibatkan banyaknya biaya yang dikeluarkan.
  • Manfaat = Suatu informasi yang disampaikan, masih belum cukup jelas dan kurang lengkap, sehingga manfaat yang diperoleh tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan karena masih bersifat arsip (buku-buku).
D. Control
Pengendalian terhadap sistem dimasukkan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan. Dari informasi yang di dapat diketahui bahwa selama ini kendali pada sistem lama berjalan seperti yang diinginkan dan dari hasil observasi didapatkan kelemahan kendali terhadap sistem lama.

Parameter Hasil Analisis Control
1. Hak Akses
2. Keamanan Data
  • Hak Akses = Data dapat dibuka dan diolah oleh setiap orang karena tidak adanya pembatasan hak akses
  • Keamanan Data = Tidak adanya proteksi terhadap data karena semua data disimpan dalam bentuk arsip atau buku-buku yang mengakibatkan sering terjadi kerusakan atau kehilangan data.
E. Efisiensi (Efisiensy)
Efisiensi sangat erat kaitannya dengan bagaimana sumberdaya yang ada telah digunakan. Suatu sistem dikatakan efisien atau tidak didasarkan pada tanggung jawab personel dalam melaksanakan tugasnya.

Parameter Hasil Analisis Efisiensi
Sumber daya yang digunakan, yaitu Untuk pembuatan laporan-laporan yang masih manual mengakibatkan membutuhkan sumberdaya yang berlebih baik sumber daya manusia maupun ekonomi.

F. Pelayanan (Service)
Pelayanan adalah sistem mencakup pelayanan yang diberikan oleh sistem pada beberapa elemen, baik elemen yang bersifat langsung maupun tidak langsung. Elemen yang terlibat langsung dalam hal ini adalah personel yang mengopersikan sistem tersebut, sedang elemen tidak langsung yaitu siswa dan pihak lain yang membutuhkan seperti pimpinan.

Parameter Hasil Analisis Pelayanan
Pelayanan yang diberikan kepada siswa dan pihak-pihak yang bersangkutan yang membutuhkan informasi kurang maksimal karena sistem masih bersifat manual.

Sumber : http://blogaanwati.wordpress.com/2013/11/01/definisi-sistem-dan-analisisi-sistem/
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon