Penurunan Pengguna Facebook Karena Faktor Mobile Messaging

Pernyataan ini diambil dari David Ebersman, Chief Financial Officer Facebook dari situs sosial media terbesar didunia. Pada tren itu sangat jelas berdampak di pendapatan Facebook dalam 3 bulan terakhir pada tahun 2013-san.

Pernyataan tersebut adalah bahwa mereka menemukan sejumlah fakta bahwa pada jumlah pengguna Facebook setiap harinya, mengalami penurunan, terutama dikalangan anak muda [Ebersman].

Turunnya Pengguna Facebook Faktor Mobile Messaging

Pada pelarian besar-besaran sejumlah anak muda dari pengguna facebook lebih ketimbang mementingkan atau terpicu oleh orang-orang yang lebih tua dari mereka. Hal ini seperti ayah, ibu, dan lain-lain. Rasa ketidak nyamanan dan ketergantungan privasi menyebabkan peralihan pada media sosial yang lebih baru.

Dalam berbagai macam aplikasi chatting dan messaging yang baru muncul dan lebih personal sebelum facebook, kini lebih banyak bermunculan dan mulai menggrogoti pada media sosial. Sehingga mereka dari kalangan anak muda, yang lebih membutuhkan dalam berkomunikasi dibanding dengan posting atau share mereka yang selalu muncul dipublik dan bisa dibaca oleh semua orang.

Kemunculan pada aplikasi mobile seperti halnya KakaoTalk, dan WeChat jadi pacuan media sosial menjadi lebih tren didunia pesan singkat pada perangkat handphone mereka. Media aplikasi mobile lainnya seperti WhatsAPP, Viber, dan BBM yang baru saja diberikan fiturnya dari Blackberry ke handphone Android dan iPhone, menunjukan pertumbuhan yang penting.

Penaikan dunia pasaran lebih cepat terhadap aplikasi mobile messaging seperti Line, KakaoTalk, Viber, WeChat, BBM, WhatAPP dipicu oleh kombinasinya dari kemudahan penggunaan, kenyamanan, privasi, dan fitur yang unik seperti emoticon, stiker, dan game.

Kata Don Anderson (Senior Vice President dan Director of Regional Strategic Digital Integration for Asia Pacific of Fleishman Hillard) sebuah perusahaan agensi komunikasi ternama, menyatakan bahwa "Semua faktor tersebut menjadi satu dan kemudian memberikan sebuah pengalaman yang baru pada mobile". Oleh karena itu Anderson juga mengawasi efektifitas dan murahnya dalam berkomunikasi menggunakan aplikasi messaging di handphone dibanding dengan pesan tradisional seperti halnya SMS atau MMS. Tetapi Anderson juga menyatakan bahwa Facebook juga akan tetap menjadi tempat media sosial untuk platform, namun pada penguasaan di media sosial akan dipertanyakan.

Meskipun pada Facebook telah menghadapi kenyataan yang kurang menguntungkan karena faktor trend aplikasi mobile tersebut, namun ditengarai nasib mereka tidak akan sama pada media sosial lainnya pendahulunya seperti halnya Frienster dan Myspace.

Juga Anderson menegaskan bahwa sebuah aplikasi pesan singkat pada perangkat handphone akan melanda kemana-mana dan memberikan tekanan tersendiri pada layanan media sosial. Tetapi, dalam komunikasi mobile yang lebih personal telah mulai menjadi trend. Pada keduanya, yaitu facebook dan mobile messaging akan tumbuh mengarah ke arah yang berbeda.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

6 comments

  1. ini juga pasti pengaruh facebook yang sekarang tampilannya komersial ya gan.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan iya gan.... fb mungkin memodfkasi lagi tampilan baru biar para pengguna fb tidak bosan... :D

      Delete
    2. iya.. tapi perubahannya malah mentingkan komersil.. :D

      Delete
    3. iya juga sih gan... mungkin pendapatan fb agak menurun,,,
      saya belum tahu peasti gan....
      update'an nanti saya bahas tentang fb lagi... :-bd

      Delete
  2. Bener banget gan... saya pribadi juga memang seteleh terbiasa berkomunikasi dengan teman, krabat, maupun orang tua melalui gadget seperti HP android pada chat BBM, KaoTalk, jadi lupa ama sosial web facebook. infonya menarik gan, terimakasih ! :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa iya bener, saya pribadi juga sama sobat, setelah terbiasa menggunakan aplikasi sosial dari BBM sama WeChat, jadi tidak begitu sering menggunakan sosial web dari FB..

      Delete

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon