Ilmuan Kembangkan Pakaian Ruang Angkasa Kayak Iron Man

Dikutip dari VIVAnews.com, ternyata terbang seperti Iron Man bukan hanya cerita fiksi belaka, melanikan dengan adanya perkembangan teknologi orang bisa melakukan aksi seperti halnya pada film Iron Man, dari ketinggian dekat ruang ankasa dengan baju itu.

Ilmuan Kembangkan Pakaian Kayak Iron Man

Perusahaan ruang angkasa berasal dari Baltimore Amerika Serikat, Solar System Express dan perusahaan desain biomedik, Juxtopia, sedang kembangkan pakaian khusus luar angkasa yang mereka sebut seperti pada film Iron Man, yaitu RL Mark VI. Dengan pakaian luar angkasa tersebut, mereka bisa melompat dari orbit luar bumi dan hebatnya lagi, pakaian tersebut akan didesain untuk melomat dari ruang angkasa agar bisa mendarat di Bumi tanpa menggunakan parasut dan semacamnya.

Perusahaan tersebut meniru pelompat ekstrem Felix Baumgartner yang pada bulan Oktober tahun lalu, ia melompat dari ketinggian 28.969 meter dari permukaan tanah. Sesudah terjun bebas 4 menit 19 detik, Baumgartner membuka parasutnya untuk mencoba tidak menggunakan parasut sampai ke permukaan bumi (permukaan tanah). Hal itu, tim Solat System Express dan Juxtopia melakukan uji coba pakaian yang mereka sebut Mark VI, dengan cara seperti Baumgartner lakukan.

Pakaian Mark VI tersebut dilengkapi dengan teknologi sky diving dengan mesin aerospike kecil yang menempel pada sepatu pakaian tersebut (roket sepatu). Dengan mesin inilah para pelompat akan bisa melucur dan bergerak serta mendarat tanpa menggunakan parasut.

Pada desain pakaian Mark VI dilengkapi fasilitas yang canggih dengan kacamata AR (augmented reality). Cara kerja pada kacamata tersebut seperti pada teknolgi ciptaan dari Google yang disebut Google Glass. Pada kacamata tersebut berfungsi untuk melihat informasi ketinggian, lokasi (menggunakan GPS), tingkat akselerasi, dan radar Federal Aviation Administration, dan juga data lintasan selama melompat.

Pada perangkat tersebut dapat mendeteksi denyut jantung, suhu, dan merespons perintah suara. Cara kerja perintah suara tersebut dengan menyaring suara pada mesin dan angin. Kecanggihannya dapat memberitahukan jika ada masalah kerusakan pada sepatu yang mengganggu proses pendaratan.

Dalam pengujiannya, Solar System akan menguji dengan menggunakan dua cara pada pendaratannya. Kesatu, mereka akan mencoba dengan cara feet-down dengan memanfaatkan tendangan mesin aerospike dari ketinggian sekitar 100 meter. Dan cara kedua, yaitu sama seperti pada film Iron Man yang peran utamanya bernama Tony Stark, dengan menggunakan tenaga sayap pada pakaian, berfungsi untuk mengurangi kecepatan pelompatan dan melambatkan lompatannya. Dalam uji cobanya yang pertama, mereka masih akan menggunakan bantuan parasut untuk pendaratan dan pada uji coba selanjutnya bulan Juli tahun 2016 mereka akan mengusahakan menggunakan metode sepenuhnya, dan diharapkan akhir tahun 2016, pakaian Mark VI bisa diproduksi.
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon