Macam Macam Port Sistem Unit (Console)

Dalam unit komputer itu terdiri dari CPU, monitor, keyboard, dan mouse. CPU merupakan sistem unit atau console yang memiliki beberapa port. Sedangkan port pada komputer berfungsi sebaai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (perangkat) lain. Pada umumnya, port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem, dan periferal lainnya. Port memiliki standar bentuk sendiri, seperti port untuk keyboar yang berbentuk bulat.

Macam Macam Port Sistem Unit (Console)

Pertama kali komputer desktop pada umumnya diciptakan memiliki dua port yaitu serial dan paralel. Pemasangan kabel monitor, keyboard, dan mouse harus sesuai dengan portnya. Kesalahan pemasangan dapat menyebabkan komputer tidak berfungsi. Untuk dapat memasang port sesuai dengan posisinya, berikut ini terdapat beberapa port console, yaitu adalah :
  1. Port Serial, yang memiliki sembilan pin, disebut juga port RS-232, yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick, dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data satu bit pada satu saat melalui kabel tunggal.

  2. Port Paralel, port ini memiliki 25 pin, yang disebut juga dengan DB-25, yang bekerja dengan mengirimkan dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Port paralel digunakan untuk menghubungkan printer model lama, modem, dan penghubung disk drive. Perusahaan yang memperkenalkan port paralel ini adalah Centronic port. Kesederhanaan port paralel ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuatnya sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

  3. Port Serial Type 2 (PS/2) memiliki 6 pin. Nama port ini berasal dari IBM, yaitu Personal System / 2. Port bernama PS/2 ini diperkenalkan pada tahun 1987, yaitu port pada keyboard yang berwarna ungu dan pada port mouse berwarna hijau.

  4. Universal Serial Bus (USB) sebagai berbagai fungsi (multifungsi), yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau periferal seperti halnya mouse, keyboard, modem, dan card wireless. Port USB merupakan pengembang dari port serial. Port ini dikembangkan oleh Ajay Bhatt ketika bekerja pada perusahaan Intel. Port USB paling pupuler saat ini digunakan untuk flashdisk, harddisk ekternal, mouse, dan keyboard. Keunggulannya adalah kemudahan dalam melakukan koneksi devise ke komputer sehingga banyak alat dapat dipasang seacara plug and play. Port ini dirancang tidak bergantung pada slo ekspansi dan USB juga mendukung arsitektur daisychain ganda, yaitu penggunaan USB hub yang dapat menampung banyak USB device. Jumla level USB hub yang tersusun maksimum 5 tingkat, dan pada jumlah USB device dapat terkoneksi ke sebuah pengontrol (controller) USB maksimum sebanyak 127 buah.

  5. Port Jaringan (network port), yaitu port yang berfungsi menghubungkan komputer dalam jaringan. Jaringan yang terpasang pada komputer ada dua pasang, yaitu port jaringan RJ-45 yang memiliki 8 pin dan port modem RJ-11 yang memiliki 4 pin.

  6. Port Audio, yaitu port yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan pengeras suara, microfon, dan peralatan audio lainnya. Port audio pada umumnya terdiri dari 3 warna dan fungsi, yaitu warna biru untuk audio line in, warna hijau muda untuk audio line out, dan warna merah muda untuk microfon.

  7. Port Ekspansi, adalah port untuk menambahkan perangkat-perangkat seperti halnya VGA card, audio card, LAN card, TV Tunner, dan Firewire. Port ekspansi terletak pada mainboard komputer yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu ISA (Industry Standard Component), PCI (Peripheral Component Interconnect), PCI Express (Industry Standard Component Express), dan AGP (Accelerated Graphics Port). Akan tetapi, port ini hanya  terdapat pada komputer lama, sedangkan pada model barunya tidak ada. Jenis port ekspansi terbaru yang saat ini banyak digunakan untuk VGA digunakan untuk VGA card adalah port PCI Express.

  8. Port VGA (Video Graphics Array), adalah port yang terdiri dari atas 15 pin dengan susunan 3 baris yang berfungsi untuk menghubungkan monitor atau proyektor.
Diambil dari :
Buku : SMA/MA Kelas X
Berjudul : Teknolgi Informasi Komunikasi
Penerbit : Erlangga
Perhatian Copas !!! "Mohon bagi anda para sahabat blog, jangan sekali-kali copy paste dengan tanpa mencantumkan link sumber kami dan menulis tanpa anda tulis dalam narasi atau kalimat anda sendiri saya akan mengapus url anda sesuai kebijakan privasi google DMCA/DMCA.com. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih."
Next
Previous

No comments

aturan berkomentar pada blog ini !.
1. berkomentarlah dengan baik, sesuai konten yang dibahas dan berkualitas.
2. kalimat yang tidak berkenan saya akan hapus.
3. jika menaruh "LINK HIDUP" akan dimasukan ke folder spam.
4. dilarang mempromosikan produk melalui komentar.

Emoticon